Touringfood

Penikmat Kuliner n Paling Hobbi Touringfood,Braderfood N Bikersfood,.Traveling Sambil Kuliner,. .

Wednesday, March 7, 2012

Cara Setting Keamanan Facebook Kita agar Bebas dari Cracker

Saat ini hacker maupun cracker tidak hanya gentayangan mengusili web/blog/sistem keamanan komputer orang lain, tetapi juga merambah dunia jejaring sosial. Jika kita tidak mawas diri, bukan hal yang tidak mungkin pada akhirnya giliran kita yang terkena ulah tangan jahilnya. Mungkin Anda sudah mendengar orang lain atau mungkin orang terdekat Anda yang tiba-tiba tidak bisa login lagi di akunnya sendiri (ke-hack, red)?

Sekedar informasi : Penyusupan bisa melalui berbagai cara tergantung celah mana yang terbuka untuk mereka susupi. Namun, semakin kita menutup celah tersebut, setidaknya membatasi kemungkinan mereka untuk bergerak lebih jauh. Dan di artikel ini akan saya tunjukan salah satu upaya yang harus Anda lakukan dalam memproteksi diri melalui setting keamanan facebook saat Anda login.



Jika Anda terbiasa online menggunakan jasa warnet, maka Anda berada dalam zona "bahaya". Kenapa saya katakan berbahaya? karena warnet sangat rawan mengalami pencurian akses login, hal ini dikarenakan secara default facebook menerapkan sistem cookies yang menyimpan data-data login Anda di komputer yang Anda pakai. Crackersangat mudah mencuri data Anda melalui ini (bukan bermaksud menuduh operator warnet lho). ^^

* Faktanya teman saya yang kerja sebagai penjaga warnet pernah nunjukin ke saya data akun client/klien cewek yang baru saja online di warnet dia kerja tersebut dan kita berdua baca-baca inboknya. hihihihi

Lalu bagaimana caranya agar kita bisa lolos dari sesuatu yang tidak kita inginkan tersebut?
Yaitu dengan setting keamanan facebook Anda, berikut ulasannya.

Ketika Anda sedang facebookan, coba Anda liat alamat URL profil sobat, pasti tertulishttp://www.facebook.com/NAMAAKUNANDA  bukan? jika ya berarti Anda harus segera merubahnya menjadi https. Langkah ini merupakan cara efektif menghindari sistem cookies yang menyimpan data-data login Anda di komputer tersebut. Jika Anda melakukan secara manual, lama-lama akan capek sendiri. So Anda perlu setting secara permanen.

Keunggulan dari merubah http menjadi https karena https ini telah disertifikat SSL(Secure Sockets Layer) yang sangat kecil kemungkinan terjadinya pencurian data login ke facebook. Untuk mengaktifkannya secara permanent anda harus masuk ke akun setting facebook anda, berikut adalah caranya:


  • Pada menu Account, pilih Account Setting 
  • Kemudian pada pilihan Account Security, beri tanda centang pada tulisan“Browse Facebook on a secure connection (https) whenever possible” kemudianSave
Setting Keamanan Akun Facebook

* Bila muncul peringatan sertifikat SSL (biasanya pada browser Google Chrome) Anda tinggal pilih saja Get Sertificate, Nah, sekarang login anda telah aman dari resiko pembobolan akun.


Semoga Bermanfaat


Sumber :

No comments: